Cara Menanam Bunga Melati Jepang Dengan Mudah

No comment 15922 views

Siapa orang Indonesia yang tidak mengenal bunga melati ? ya, pasti 90% orang Indonesia sudah tahu pasti bunga melati, walaupun hanya pernah mendengar dan belum pernah melihatnya langsung. Tetapi kalau melati jepang ? mungkin banyak yang belum tahu mengenai bunga melati jepang.

Bunga melati jepang ini merupakan varian dari bunga melati sendiri. Yah, bunga melati jepang merupakan bunga melati yang banyak tumbuh di Negara jepang, dan memiliki ciri fisik yang berbeda dari melati yang lain. Memang melati jepang ini lebih elegan dari yang lain, biasanya digunakan sebagai tanaman hias.

Cara Menanam Bunga Melati Jepang

Mengenal Lebih jauh mengenai Bunga Melati Jepang

Yah, bunga melati jepang ini sama dengan jenis tanaman melati yang lainnya, yang memiliki ukuran batang kecil. Untuk daunnya sendiri memiliki warna hijau muda sampai hijau tua. Daunnya ini memiliki lebar mencapai 10cm dan panjangnya juga bisa mencapai 15cm. dan daun – daunnya ini berhadap – hadapan dan juga berselang – seling tumbuhnya jadi membuat melati jepang mempunyai keunikan tersendiri. Untuk tinggi batangnya bisa mencapa 2 meter.

Untuk bunganya sendiri, bunga dari melati jepang ini terdapat di sepanjang tangkainya dan berbentuk mengerucut karena merapat keujungnya. Sebenarnya kumpulan bunga ini merupakan tandan yang keluar dari daun. Untuk kelopak bunga melati jepang ini juga memiliki warna hijau seperti daunnya dan mempunyai celah yang menyerupai dengan bentuk dari gigi.

Tanaman hias melati jepang ini sebenarnya dapat tumbuh dimana saja, mau ditanam di dataran rendah ataupun didataran tinggi tanaman ini tetap dapat tumbuh dengan baik. kalau masalah penanaman, yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah tanahnya, karena tanaman melati jepang ini tidak bagus jika ditanam di tanah yang tergenang air.

Karena mempunyai keindahan yang memincut khalayak ramai, melati jepang ini mempunyai harga yang terbilang mahal. Yahh, soalnya memang harga itu berbanding lurus dengan kualitas. Bunga melati ini juga biasa digunakan sebagai bahan komestik, penyedap the, minyak wangi dan masih banyak lagi kegunaan yang lain dari tanaman melati jepang.

Langkah – Langkah Menanam Bunga Melati Jepang Dalam Pot

Untuk cara menanam melati jepang ini, sebaiknya anda gunakan media pot, karena dengan media pot anda lebih mudah dalam memindah – mindahkan bunga nya, sehingga akan memudahkan anda dalam perawatan. Berikut langkah cara menanam melati :

  1. Persiapkan Tanah

Pertama – tama tentunya adalah mempersiapkan tanahnya. Tanah yang digunakan untuk menanam melati jepang ini terdiri dari tanah sendiri, lalu pupuk kompos dan juga pasir. Untuk perbandingannya yaitu sama rata. Lalu campurkan hingga merata.

  1. Penanaman

Persiapkan pot yang sesuai dengan benih bunga melati ini, lalu masukkan tanah hasil campuran tadi hingga 1/3 bagian pot, setelah itu masukkan bunga melati jepang kedalam pot, untuk tanah dari benihnya itu tidak perlu dibuang, ikut masukkan saja, yang dibuang Cuma plastiknya saja. Karena sudah banyak kasus yang mencoba menanam kedalam pot mati karena tanah yang dari benihnya itu dibuang.

Kenapa hal ini bisa terjadi ? karena tanaman melati akan lebih sulit beradaptasi dengan tanah yang baru, maka dari itulah lebih baik untuk memasukkan tanah yang sudah beradaptasi dengan melati jepang itu. Setelah dimasukkan, lalu isikan lagi tanah hasil campuran hingga penuh. Tapi sisihkan beberapa centi meter di permukaan, ini berfungsi saat melakukan penyiraman. Tekan pangkal batang melati dengan ibu jari, hati – hati jangan sampai merusak benihnya.

  1. Pembersihan

Setelah melakukan cara diatas, bersihkan bagian luar potnya, agar bisa bersih sebelum melati jepang ini ditaruh didalam rumah jika memang digunakan sebagai tanaman hias indoor. Saran saya untuk di letakkan di tempat yang lembab, karena dengan tempat yang lembab ini tanaman melati jepang menjadi lebih subur.

  1. Penyiraman

Untuk penyiramannya bisa dilakukan sehari dua kali, setiap pagi hari dan juga sore hari. Saran saya jangan sampai menyiram tanaman pada siang hari, karena nanti akan menganggu proses fotosintesis.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan ini dilakukan jika bunga melati jepang ini sudah berkembang. Pemangkasan ini berfungsi agar mendapatkan bunga melati yang terbaik, karena dengan memilih batang mana yang akan menghasilkan bunga.

Nah, bagaimana dengan informasi mengenai cara menanam bunga melati jepang ini ? apakah bisa membantu? Jika anda ingin mencoba untuk merawat tanaman hias ini, sebaiknya anda mulai mencoba ini.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Menanam Bunga Melati Jepang Dengan Mudah"