Cara Menanam Bunga Anggrek Dendrobium Dengan Mudah

No comment 2345 views

Siapa sih yang tidak tahu mengenai bunga anggrek dendrobium ini ? Untuk warga Indonesia sendiri bunga anggrek ini merupakan salah satu bunga yang sangat banyak peminatnya, dalam artian lain, anggrek dendrobium ini merupakan bunga anggrek yang banyak pengoleksinya, bahkan untuk seorang kolektor tanaman hias jika belum memiliki tanaman hias ini maka tidak akan afdhol karena memang tanaman hias ini sudah merupakan salah satu tanaman hias yang wajib dikoleksi.

Karena bunga anggrek ini merupakan salah satu bunga yang menjadi ciri identik dari Negara Indonesia. Anggrek dendrobium ini merupakan salah satu tanaman epifit. Tanaman yang menempel pada benda lain. Istilah lain adalah menumpang tanaman lain, tetapi bunga anggrek dendrobium ini bukanlah tanaman jenis parasit yang mengganggu tumbuhan yang ditumpanginya. Karena bunga anggrek dendrobium ini hanya menumpang saja, untuk menambatkan akarnya bukannya menyerap nutrisi dari tanaman inangnya.

Cara Menanam Bunga Anggrek Dendrobium Dengan Mudah

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Anggrek

Sebelum menginjak jauh dari cara menanam bunga anggrek, kita akan membahas dulu faktor – faktor apa saja yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman anggrek ini.

  1. Kelembaban Udara

Untuk kelembaban udara ini tentunya merupakan salah satu faktor yang penting. Karena kalau kita hanya asal – asalan malah akan membuat tanaman anggrek menjadi lebih mudah mati, ataupun pertumbuhannya menjadi terhambat. Lalu seperti apakah kelembaban udara yang cocok untuk bunga anggrek ? banyak dari para kolektor tanaman hias salah dan keliru dalam pengetahuan mengenai kelembaban udara ini.

Banyak yang beranggapan bahwa di lingkungan basah anggrek dendrobium ini akan lebih mudah tumbuh, tetapi hal itu adalah salah, karena sejatinya tanaman anggrek ini lebih tahan terhadap kekeringan daripada di tempat yang senantiasa basah. Ya tentunya kekeringan dalam tanda kutip lah, jangan sampai bunga anggrek tidak pernah disiram sehingga benar – benar kekeringan.

  1. Sinar Matahari

Untuk sinar matahari, sebagian tanaman anggrek ada yang membutuhkan sinar matahari secara langsung ada juga tanaman anggrek yang membutuhkan sinar matahari secara tidak langsung. Contoh anggrek yang membutuhkan sinar matahari secara langsung adalah anggrek tanah. Kalau untuk tanaman anggrek yang tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung ini adalah jenis anggrek dendrobium, dan anggrek cattleya.

  1. Temperatur

Untuk Tanaman Anggrek Dendrobium ini sebaiknya ditempatkan di tempat yang memiliki temperature 21 derajat celcius.  Kalau untuk anggrek vanda ya kita harus tempatkan di tempat yang suhunya sedang kira – kira 28 derajat celcius.

Cara Menanam Bunga Anggrek Dendrobium

Nah, karena kita sudah mengetahui berbagai faktor yang bisa mempengaruhi dari pertumbuhan bunga anggrek. Nah, sekarang kita akan mencoba cara menanam anggrek.

  1. Pemilihan Lahan Lokasi

Untuk pertama kalinya tentunya kita harus menyiapkan lahan tempat yang digunakan sebagai tanam bunga anggrek ini. seperti faktor yang mempengaruhi diatas. Jika memang ingin menanam bunga anggrek dendrobium maka usahakan pilihlah tempat yang rada bersuhu rendah sekitar 21 derajat celcius. Dan tentunya jangan memberikan sinar matahari terlalu banyak untuk anggrek dendrobium. Karena anggrek dendrobium merupakan tanaman anggrek yang tidak memerlukan banyak cahaya.

  1. Pilihlah Tempat Penanaman

Untuk tempat penanaman, anda tidak lah perlu khawatir, karena bunga anggrek ini sejatinya merupakan bunga epifit. Jadinya bisa ditempelkan pada tumbuhan lain. Tetapi, ada juga bunga anggrek yang menggunakan tanah, biasanya ditanam di dalam pot. Tergantung dari jenis anggreknya.

  1. Perhatikan Ketinggian Pot Tanaman Anggrek

Untuk masalah ketinggian ini merupakan masalah yang serius, karena bunga anggrek sendiri merupakan memiliki banyak jenis. Ada jenis dari bunga anggrek yang hanya bisa ditanam di tempat yang memiliki ketinggian sekitar 1001 meter diatas permukaan laut. Biasanya untuk anggrek yang jenis ini adalah anggrek miltonia dan juga anggrek jenis cymbidium. Jika untuk anggrek dendrobium dan juga anggrek cattleya anda bisa menempatkan pot anggrek anda pada ketinggian yang sedang, sekitar 500 sampai dengan 1000 meter dpl.

Kalau untuk anggrek jenis vanda biasanya dibudidayakan di tempat yang mempunyai ketinggian 500 meter diatas permukaan laut. Selain hal ini, anda juga harus memperhatikan kelembaban udara dan juga hembusan angin. Tempat yang paling cocok untuk bunga anggrek adalah tempat yang memiliki hembusan angin sepoi – sepoi atau dengan kata lain adalah tempat yang teduh.

  1. Memilih benih anggrek yang tepat

Nah untuk pemilihan benih ini, sebaiknya anda memilih bibit bunga anggrek yang sudah berumur 1 tahun. Nah, dengan benih bunga anggrek yang berumur 1 tahun itu pastinya bibit tersebut sudah punya daun, dan akar yang kuat. Sehingga mudah sekali dalam pertumbuhannya.

Setelah dipilih bibit yang kualitas bagus, anda hanya perlu menanamnya di polybag ataupun plastic, rawatlah bibit anggrek tersebut hingga 3 bulan. Jika sudah 3 bulan, anda perlu memindahkan bibit anggrek tersebut ke pot yang berukuran kecil kira kira bediameter 10 centimeter. Lalu rawat kembali hingga 3 bulan lagi, dan jangan lupa untuk memberikannya pupuk, karena pupuk merupakan salah satu hal yang bisa digunakan untuk pemenuhan dari bunga anggrek tersebut. Jika memang sudah 3 bulan, dan ukuran dari bibit bunga anggrek pun sudah besar, dan potnya tentunya terlihat kekecilan, maka sebaiknya dipindah ke tempat pot yang memiliki ukuran lebih besar.

Nah sebenarnya cara menanam bunga anggrek Cuma begitu – begitu saja. Tidak diperlukan kemampuan khusus. Apabila anda tidak pernah melakukan pembudidayaan tanaman pun pastinya bisa menanam anggrek ini. karena memang caranya yang simple. Itulah sekilas informasi mengenai cara menanam anggrek dendrobium.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Menanam Bunga Anggrek Dendrobium Dengan Mudah"