Cara Budidaya Tanaman Pohon Anggur Paling Mudah

No comment 3372 views

Budidaya tanaman anggur di Indonesia sendiri sangatlah jarang ditemui, maka dari itu, jika membuka usaha dalam bidang ini maka ini merupakan salah satu bisnis yang prospek. Karena pesaing dalam budidaya pohon anggur masih sangatlah kecil. Bagaimana ? apakah ingin mencoba untuk mencoba bisnis budidaya tanaman buah anggur? Sebetulnya sangat mudah, tinggal kita tahu bagaimana cara budidaya tanaman pohon anggur yang tepat agar dapat terjun dalam bisnis ini.

Tanaman anggur di Indonesia sangatlah digemari, karena dari rasanya yang lezat juga dari kandungan nutrisinya yang baik buat tubuh. Tanaman Anggur aslinya adalah tanaman sub tropis tetapi masih bisa tumbuh dibagian tropis seperti Indonesia ini. Buah anggur memiliki nama latin yaitu vitis vinifera.

budidaya tanaman anggur

Syarat Utama Dalam Melakukan Budidaya Tanaman Anggur

Tanaman anggur ini dapat hidup di Indonesia yang wilayahnya subtropis tetapi dengan syarat lokasi tempat budidaya pohon anggur ini sekitar 25 sampai 300 meter dpl yang mempunyai suhu antara 25 sampai 31 derajat celcius. Bukan hanya itu saja, tanaman anggur juga bisa hidup di tempat yang mempunyai kelembaban udara sekitar 75 sampai 80 persen.

Untuk intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan oleh pohon anggur ini kira – kira 50 sampai 80 persen. Lalu curah hujan yang dibutuhkan untuk dapat menanam tanaman anggur adalah 800 mm pertahun. Kalau untuk tingkat keasaman tanah, sama seperti tanaman tropis lainnya, yaitu tanah harus mempunyai ph 6-7 agar anggur dapat tumbuh dengan baik.

Beberapa Langkah Yang Dibutuhkan Untuk Budidaya Pohon Anggur

Pertama, Persiapkan lahan tempat budidaya tanaman anggur. Dengan cara mencangkul tanah ataupun dengan alat lain agar tanah menjadi gembur sehingga mudah dalam penanaman dan juga baik pada pertumbuhan buah anggur. Lakukan pemberian pupuk pada tanah tersebut sebelum di Tanami, ini dimaksudkan agar unsur unsure yang penting dalam tanah tidak hilang.

Kedua, lakukan persiapan pemilihan bibit. Bibit anggur yang baik adalah bibit yang berumur 1,5 bulan sampai 2 bulan. Dan mempunyai akar sepanjang 5-10 serta bertunas dua. Kalau anda masih bingung dalam pemilihan bibit anggur ini, anda bisa beli bibit anggur yang baik. Atau beli bibit anggur yang bersertifikat saja, karena bibit yang bersertifikat ini kualitasnya sangatlah bagus.

Ketiga, Melakukan Penanaman bibit buah anggur. Sebelum melakukan penanaman, sebaiknya bibit anggur ini diadaptasikan dulu di lingkungan tempat budidaya anggur tersebut, ini dimaksudkan agar anggur lebih kenal dengan lingkungannya sehingga bisa mempercepat pertumbuhan. Sebaiknya melakukan penanaman juga pada musim penghujan. Syarat penanaman yaitu jika satu hektar di isi 500 buah pohon anggur maka jarak nya 5x4 cm jika di isi 890 buah pohon anggur maka jaraknya cukup 3x3 cm.

Keempat, Melakukan penyiraman tanaman atau perairan. Lakukan penyiraman setiap 2 kali sehari dari pagi dan sore ini untuk tanaman yang mempunyai umur awal atau tanaman baru. Untuk tanaman yang sudah lama dapat disiram setiap 3 hari sekali. Tergantung dari curah hujan itu sendiri. Tetapi jika dalam proses pemetikan buah, pengairan lebih baik dihentikan.

budidaya pohon anggur

Kelima, Penyiangan. Hal ini sangat diperlukan karena bertujuan untuk menghilangkan tanaman pengganggu atau gulma. Serta perlu dilakukan pendangiran untuk membuat tanah menjadi lebih subur.

Keenam, Pemupukan kembali. Berguna untuk mempercepat pertumbuhan tanaman anggur. Pohon anggur juga harus dibantu dengan batang yang berfungsi untuk penopang atau media rambatan untuk pohon anggur. Karena pohon anggur sifatnya merambat, karena batangnya tidak keras. Oleh Karena itu, harus dilakukan pemangkasan biar bisa sesuai dengan batang rambatan.

Ketujuh, Pemanenan Buah Anggur. Normalnya, anggur dapat dipanen setelah berumur setahun. Jika anggur telah berumur maka bisa dipanen 2 kali dalam setahun.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Budidaya Tanaman Pohon Anggur Paling Mudah"