Cara Budidaya Tanaman Pangan Singkong

No comment 1073 views

Cara Budidaya Tanaman Pangan Singkong .Singkong merupakan salah satu komoditas pertama hasil pertanian. Singkonh juga termasuk tanaman khas dari Indonesia.  Pada jaman penjajahan dahulu, singkong menjadi makan pokok bagi para pribumi, namun sekrang biasanya singkong dijadiakn berbagai makanan tradsional terutama oleh masyarakat pedesaan.

Singkong juga termasuk makanan yang serbaguna dan kaya manfaat. dari daun sampai akar singkong, semua bisa dimanfaatkan. Komoditas tanaman ini sudah lama dibudidayakan karena mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Budidaya tanaman pangan singkong akan mendapatkan hasil yang maksimal jika dilakukan dengan prosedur yang benar.

csar-budidaya-tajaman-singkong

Peluang pasar mengenai singkong yang tinggi ini, apa slahnya untuk kita mempelajari tentang budidaya tanaman singkong ini. Nah untuk lebih jelasnya, simak cara budidaya tanaman singkong dibawah ini:

1. Syarat Tumbuh Singkong

Singkong termasuk budidaya tanaman pangan yang mudah tumbuh subur pada daerah yang bercurah hujan sedang, rata-rata 1500-2000mm/tahun, mempunyai suhu sekitar 10 derajat celcius, kelembaban udara yang optimal antara 60-65% dan sinar matahari yang dibutuhkan adalah sekitar 10 jam/hari. Terutama untuk kesuburan singkong.

2. Pengolahan Tanah

Untuk tanah yang paling cocok buat budidaya tanaman singkong adalah tanah yang gembur, terstruktur, tidak terlalu liat dan poros, kaya akan bahan organik. Jenis tanah yang cocok yaitu tanah aluvial latasol, tanah merah kuning, Mediterania, andasol, grumasol.

Untuk derajat keasaman tanah yang cocok itu sekitar 4,5 - 8,0. Dan di Indonesia sendir termauk tanah yang rendah asam, sehingga cocok digunakan untuk budidaya panganan singkong.

Ketinggian tempat yang ideal dan baik untuk tanaman adalah sekitar 10-700 mdpl dengan toleransi antara 10-1500 mdpl.

3. Persiapan Bibit dan Penanaman

Untuk bertanam ketela pohon bibit yang baik harus memenuhi syarat berikut:

  • Singkong berasal dari tanaman induk yang berumur sekitar 10-12 bulan.
  • Batangnya berdiameter +2,5cm lurus.
  • Belum ditumbuhi tunas baru.
  • Usahakan bibit yang memiliki batang yang lurus dan memiliki pertumbuhan yang normal.

Untuk waktu penanaman yang bagus yaitu sekitar awal musim kemarau. Ini dimaksudkan agar nantinya panen di awal musim hujan. Cara menamnya yaitu tanam bibit dengan jarak 80x120 cm. sebelum ditanam, bibit terlebih dahulu di rendam di air yang dicampur dengan pupuk organik. Tanam batang stek agak miring dan kedlaman 8-12 cm.

4. Perawatan

Singkon termasuk tanaman yang mandiri sehingga tidak terlalu ribet untuk pemeliharaannya. Pada umur sekitar 3-4 minggu lakukan pemupukan setelah keluar tunas pertama. Selain itu lakukan juga penyiangan untuk membersihkan rumput yang mengganggu, dan penyulaman bibit yang tidak tumbuh.

Pada bulan ke 5, kita bisa melakukan pemupukan lagi agar singkong terlihat lebih gemuk saat musim panen.

5. Panen

Kriteria singkong yang baik untuk diapanen adalah pada saat singkong berumur 6-9bulan untuk konsumsi dan berumur 10 bulan jika digunakan sebagai produk pembuatan tepung. Pilih warna daun yang menguning dan banyak daun yang rontok.

Caranya dengan memangkas batang singkong terlebih dahulu dan sisakan sekitar 15cm untuk mempermudah pada proses pencabutan. Untuk umbi yang tertinggal di dalam tanah dapat diambil dengan cangkul atau garpu tanah.

 

 

 

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Budidaya Tanaman Pangan Singkong"