Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang

No comment 843 views

Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang. Kacang panjang merupakan salah satu makanan bergizi yang dapat diolah menjadi berbagai macam hal jenis makanan. Tidak ada salahnya anda anda mempelajari cara budidaya tanaman kacang panjang ini jika memiliki lahan kosong. Hal ini akan bermanfaat untuk anda pribadi dan keluarga tentunya.

Kacang hijau dengab nama latin Vigna radiata merupakan jenis tanaman yang dikenal luas di daerah tropis. Tanaman ini termasuk suku polong-polongan paling penting yang menempati urutan ke tiga setelah kedelai dan kacang tanah.

Kandungan protein nabati yang tinggi dan sumber penting lainnya seperti mineral, fosfor sangat bermanfaat untuk tubuh kita.  Lain halnya dengan cara budidaya tanaman kacang hijau. Kandungan fosfor dan kalsium pada kacang hijau ini bermanfaat utuk pertumbuhan  tulang dan memperkuat tulang kita. Kadar lemak yang rendah sangata baik unutk kita yang ingin menghindari konsumsi makanan berlemak tinggi. Dan lemak rendah ini juga dapat berfungsi agar makanan tidak mudah bau.

cara-budidaya-tanaman-kacang-panjang

 

Cara budidaya tanaman kacang panjang yang berkualitas tinggi:

 

Syarat Tumbuh

Kacang panjang mampu tumbuh baik di daerah dengan ketinggiian maksimal 00meter dari permukaan air laut. Ada beberapa syarat lingkungan yang harus terpenuhi unutuk membudidayakan kacang panjang ini:

  • Suhu yang paling optimal untuk perkembanganannya yaitu 15-24o
  • Suhu ternedah untuk bertahan yaitu 10o C dan maksimum 35o
  • Tanah yang digunakan yaitu tanah gembur dengan drainase yang bagus.
  • Curah hujan minimal 600-1500 mm/tahun.
  • pH tanah Sekitar 5-6.

 

Pemilihan Bibit

Langkah selanjutanya dalam cara budidaya tanaman kacang hijau yaitu pemilihan bibit kacang panajang yang berkualitas. Kita harus memilih bibt yang terbaik untuk mendapatkan  hasil yang terbaiik pula. Ciri-cirinya:

  • pilih bibit yang mengkilap dan tidak ada cacat atau kerusakan di bagiannya.
  • Penampilan bibit kacang panajng bernas atau kusam.
  • Tidak emngandung penyakit atau hama apapun.
  • Punya perkembangan cambah diatas 90%.
  • Benih yang bagun akan tenggelam di dalam air.

 

Persiapan Lahan

Berikut hal-hal yang harus anda lakukan untuk mempersiapkan lahan:

  • Bajak atau cangkul tanah agar menjadi gembur serta bersihkan lahan dari gulma.
  • Berikan pupuk kendang yang tercampur dengan dosis 1ton/hektar, lalu diamkan selama 7 hari. Hal ini bertujuan untuk menambah ketersediaan unusur hara dalam tanah.
  • Buat bendengan dengan lebar 80cm, tinggi kurang lebih 30 cm dan panjang dapat disesuaikan dengan ukuran tanah.
  • Beri jarak 40-50 cm antar bendengan sebagai drainase.
  • Kemudian buat lubang diatas bendengan dengan jarak tanam 30x40cm.

 

Penanaman

Waktu yang baik utnuk melakukan penanaman yaitu di akhir musim penghujan. Hal ini bertujuan agar kacang panjang tidak membusuk akibat suplai air yang sangat berlimpah.

Buat lubang tanah untuk menanam bibit dengan jarak 30-60 cm per lubang. Isi2-3 biji benih kacang panjang tiap lubangnya. Kemudian tutup dengan tanah yang tipis. Ini bertujuan untuk mempermudah  tunas keluar.

Kemudian siapkan galah sepanjang 2 meter sebagai tempat merambatnya kacang panjang nanti. Setelah 4-5 hari bibit tanam biasanya akan muncul sulur tanaman. Jika ada yng tidak tumbuh, segera ganti lagi dengan benih kacang panjang yang baru.

 

Perawatan

Untuk memeastikan kacang panjang kita apakah tumbuh dengan baik, kita perlu melakukan beberapa hal ini. Diantaranya:

  • Pengairan dan Penyiraman

Karena tanaman ini termasuk jenis tanaman yang tidak emmeperlukan air banyak, makan kita bisa menyiramnya sehari sekali. Jika melakukan irigasi, maka genangi semua lahan dengan air sampai lembab, lalu alirkan air keluar lahan.

  • Penyiangan Lahan

Bersigkan lahan dari Gulma dan tanaman yang  tumbuh disekitar tanaman kacang panjang. Sebab, jika dibiarkan, rumput liar akan menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh kacang panjang.

  • Pemupukan

Ketika umur kacang panjang sudah 15-20 hari. Lakukan pemupukan menggunakann kompos 20 ton/hektar disekitar tanaman, lalu tumpuk lagi dengan tanah. Hal ini bertujuan  agar bunga cepat keluar. Kita bisa juga menggunakan pupuk organic cair yang dilarutkan di air dengan komposisi pupuk dan air  1:10. Kemudian semprotkan 1L/10m2.

  • Penyakit dan Hama

Penyakit yang biasa menyerang yaitu kutu hitam/kepik, ulat grayak, karat daun, kepik daun, dll. Oleh karena itu tangani dengan pestisida hayati atau bisa kita lakukan secara manual dengan cara mencabut tanaman yang mati.

Pemanenan

Masa panen biasanya saat masa tanam sudah berumur 3-4 bulan. Ciri-cirinya yaitu ukuran polong yang telah optimal, biji dalamm polong tidak menonjol serta mudah untuk dipatahkan.

Sebaiknya melakukan proses panen di pagi hari untuk mendapatkan kacang panjang yang segar. Potong tangkai polong dengan pisau atau petik kacang panjang tersebut dengan mematahkan tangkai kea rah berlawanan. Bisa juga denagn cara putar-putar sampai buahnya lepas.  kemudian sortir dan ikat kacang polong untuk dipasarkan di pasar.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang"