Cara Budidaya Tanaman Buah Pepaya Dengan Cepat

No comment 1318 views

www.jenistanaman.com, tanaman buah pepaya merupakan salah satu buah yang cara budidaya nya sangatlah mudah dan tidak ribet jadi memungkinkan untuk para pemula di bidang cocok tanam untuk mencobanya. Tanaman buah pepaya sendiri bisa hidup disembarang tempat, bisa didataran rendah maupun didataran tinggi, bisa ditempat yang basah maupun di tempat yang kering.

Buah pepaya juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, karena memang pepaya ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Jika anda memiliki masalah pencernaan sebaiknya mengkonsumsi buah pepaya karena buah pepaya sendiri sangatlah baik untuk mengatasi masalah pencernaan. Dan rasanya pun tidak tanggung – tanggung, rasa dari buah ini sangatlah manis dan enak.

Untuk pasar ekonominya, buah pepaya tentunya sangatlah menjanjikan, jadi jika dari anda ada yang ingin budidaya tanaman pepaya ini, maka segeralah, karena memang tanaman buah pepaya ini sangat menggiurkan. Buah pepaya sendiri biasanya digunakan sebagai makanan pencuci mulut seperti buah lainnya, ya memang buah di Indonesia digunakan sebagai pencuci mulut.

Cara Budidaya Tanaman Buah Pepaya Dengan Cepat

Langkah - Langkah dalam cara budidaya tanaman buah pepaya

Emanga ada beberapa cara budidaya tanaman pepaya yang sangat di anjurkan untuk para petani, agar tanaman pepaya ini dapat menghasilkan buah dengan maksimal sehingga dapat memuaskan para petani pepaya. Berikut cara budidaya tanaman buah pepaya :

  1. Pemilihan bibit pepaya

Tahap pertama dalam budidaya tanaman buah pepaya adalah pemilihan benih. Dalam pemilihan bibit ini sangat penting, karena dengan memilih bibit yang baik akan mempengaruhi hasil dari suatu tanaman pepaya, ya, awal dari kualitas buah pepaya adalah dari pemilihan benihnya.

Untuk itulah, anda harus pintar – pintar dalam memilih bibit yang baik untuk ditanam. Untuk biji pepaya, terdapat didalam rongga buah pepaya, ada yang berwarna hitam dan ada yang berwarna putih. Untuk biji yang putih ini biji mati jadi tidak akan tumbuh jika ditanam. Yang dapat tumbuh hanya biji yang hitam saja. Tetapi biji hitam ini hanya mempunyai kemungkinan 50% untuk menjadi pohon pepaya yang sempurna.

  1. Penyemaian Bibit Pepaya

Kenapa harus dilakukan penyemaian ? karena proses penyemaian ini berguna agar budidaya pohon pepaya bisa lebih cepat. Untuk itulah dilakukan penyemaian. Pertama – tama, rendam bibit pepaya dalam air hangat selama semalam, pilihlah bibit pepaya yang tenggelam jangan yang mengapung.

Lalu ambil tisu dan basahi, dan tebarkan bibit pepaya yang sudah direndam tadi ketisu yang dibasahi lalu tutup kembali dengan tisu dan basahi. Lalu tempatkan didalam wadah yang dari anyaman bamboo ataupun wadah lain yang dapat mengalirkan air. Pindahkan wadah tersebut ditempat yang bersuhu 30 derajat celcius, jangan terlalu terik. Karena pada proses ini kita mencoba untuk mengecambahkan bibit pepaya tadi. Untuk percembahannya biasanya setelah seminggu sampai dua minggu.

Setelah berkecambah, lalu pindahkan kedalam polybag yang berukuran 9x10 centimeter. Sebelumnya siapkan didalam polybag itu campuran 3 bahan yaitu tanah, pupuk kompos dan arang sekam yang masing - masing memiliki perbandingan yang sama. Lalu basahi polybag dan tempatkan ditempat yang tidak terkena hujan maupun sinar matahari secara langsung. Bibit akan siap setelah berumur 2,5 bulan diproses ini.

  1. Penanaman

Sebelum melakukan penanaman sebaiknya kita siapkan dulu lahannya dengan cara menggemburkan tanah terlebih dahulu dan buatlah bedengan dengan lebar 2 meter. untuk jarak antar bedengan sekitar 0.5 meter. untuk jarak tanam bibit buah pepaya ini berbeda beda, ada yang 2x2, 2x2.5 dan ada juga 3x3. Memang berbeda – beda tergantung ukuran lahan.

Lalu buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x50 centimeter pada musim kemarau, hindari pembuatan lubang tanam pada musim penghujan. Setelah buat lubang, biarkan bagian atas nya tetap terbuka sampai 2 minggu. Lalu campurkan pupuk kompos kedalam tanah yang akan jadi penutup atasnya. Lalu masukkan dan tutup lubang tanam dengan tanah bagian bawah adalah tanah biasa dan tanah bagian atasnya itu tanah yang hasil dari campuran dengan pupuk kompos. Lalu biarkan selama 2 minggu dalam keadaan tertutup.

Biasanya para petani pepaya menanam 2 bibit dalam satu lubang, hal ini dimaksudkan agar mendapatkan hasil yang baik, sehingga bisa memilih mana yang tanaman pepaya yang dapat berbuah atau dengan kata lain menghindari pepaya jantan maupun pepaya betina. Setelah berumur 4 bulan dari masa tanam, maka tanaman buah pepaya ini akan mulai berbunga. Pada masa ini, anda bisa menyeleksi mana tanaman pepaya yang dapat berbuah mana yang tidak.

  1. Perawatan Tanaman Pepaya

Salah satu langkah dalam perawatan adalah dengan melakukan penyulaman. Penyulaman ini dimulai dari tanaman berumur 1.5 bulan. Tanaman yang terlihat jelek dicabut dan ganti yang baru, jika anda menanam 2 bibit dalam satu lubang maka ini akan memudahkan dalam proses penyulaman, karena biasanya dalam dua bibit ini pasti ada yang kualitas bagus dana ada yang jelek, cabut tanaman buah pepaya yang jelek dan buang.

Untuk pemupukan tanaman pepaya ini dimulai dari umur 2 minggu. Sebelum melakukan pemupukan, buatlah parit yang melingkari tanaman pepaya, untuk kedalamannya sekitar 10cm, nah pupuknya di taruh di parit tersebut. Pemupukan dilakukan saat berumur 2 minggu, 1 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Setelah umur lebih dari 6 bulan lakukan pemupukan setiap sebulan sekali.

  1. Pemanenan

Langkah terakhir cara budidaya tanaman pepaya adalah pemanenan. Hal inilah yang ditunggu – tunggu, karena hasil jerih payah selama berbulan – bulan. Pemanenan biasanya dilakukan setelah berumur 10 sampai 14 bulan. Pemanenan dilakukan setiap 10 hari sekali.

Usahakan panen buahnya jika buah sudah benar benar matang, seperti terdapat garis kuning pada buahnya berarti siap untuk dipanen, tetapi jika memang ingin dijual ditempat yang jauh, mending di panen lebih dini. Karena agar buah pepaya tidak terlalu matang jika terlalu lama.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Budidaya Tanaman Buah Pepaya Dengan Cepat"