Cara Budidaya Tanaman Bayam Merah Organik Dengan Teknik Cabut

Sejatinya cara budidaya tanaman bayam merah ini lebih mudah dari sayuran yang lain. Karena tanaman bayam organik ini lebih efektif jika benihnya tidak perlu dilakukan penyemaian. Untuk jenis dari bayam sendiri ada dua, yaitu bayam yang memiliki lebar daun yang kecil ini ada dua yaitu bayam hijau dengan bayam merah. Untuk bayam hijau sendiri warna daunnya lebih ke hijau putih sedangkan untuk bayam merah lebih kemerah gelap.

Sedangkan jenis kedua yaitu mempunyai lebar daun relative besar. Biasanya bayam ini memiliki warna daun hijau abu-abu dan dapat berdiri tegak. Untuk cara budidaya tanaman bayam ini sejatinya sama saja antara jenis yang satu ataupun antara bayam merah dengan bayam hijau. Ya, cara teknik budidaya tanaman bayamnya bisa sama. Maka dari itu, cukup ketahui saja salah satu cara budidaya tanaman bayam ini maka kamu bisa membudidayakan semua jenis bayam.

Manfaat budidaya tanaman bayam merah

 

Langkah-langkah dalam budidaya tanaman bayam

Sebelumnya kita ketahui bahwa sejatinya semua jenis bayam memiliki perlakuan yang sama dalam melakukan teknik budidaya. Tapi, untuk syarat tumbuh bayam sendiri harus bisa terpenuhi seperti perlunya tingkat intensitas cahaya matahari yang penuh dan secara langsung.

Untuk suhu yang ideal dalam menanam bayam ini adalah 16 sampai 20 derajat celcius. Dengan mempunyai kelembaban udara yang sedang. Walaupun begitu, bayam sendiri dapat hidup di lingkungan Jakarta yang notabene mempunyai suhu iklim yang ekstrem. Tanaman bayam sendiri tidaklah baik ditanam pada musim penghujan karena tanaman bayam akan rusak jika terkena hujan terus menerus.

Berikut beberapa langkah dalam melakukan budidaya tanaman bayam :

Pengolahan Lahan untuk tempat budidaya. Pengolahan ini dimaksudkan dengan melakukan pencangkulan tanah terus menerus agar tanah bisa gembur. Lalu buat saluran airnya dengan lebar 30 centi meter dan juga kedalaman 30 centi meter. Dan jangan lupa untuk membuat bedengan dengan lebar 100 centimeter. Atau bisa juga 200centi meter sesuaikan saja dengan keperluan. Lalu lakukan pemupukan diatas bedengan yang dibuat tadi seminggu sebelum melakukan proses penanaman.

Melakukan pembenihan bayam cabut. Agar lebih efektif dalam melakukan pembenihan ini sebaiknya lahan yang untuk tempat budidaya itu bekas tanaman bayam yang memiliki jenis yang sama dengan bayam yang akan kita tanam. Kalaupun bekas jenis bayam yang berbeda, bisakan buat jeda selama 3bulan lamanya agar hasil bayam yang akan ditanam nanti bisa maksimal.

Lalu setelah tanaman bayam yang digunakan untuk pembenihan tersebut udah matang dan tandan bunganya juga sudah berbunga maka kita lakukan pemanenan pada tanaman bayam. Setelah dilakukan pemanenan, jemur tandan bunga tersebut selama 5 hari, tandan bunga inilah yang akan menjadi benih dari bayam tersebut. Setelah dijemur lalu remaslah dengan halus agar terkelupas dari kulitnya. Lalu simpan bibit bibit tersebut di tempat yang kedap udara agar tidak basah waktu melakukan penanaman.

budidaya tanaman bayam hijau

Menanam tanaman bayam cabut. Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam melakukan penanaman yaitu dengan cara yang tidak langsung atau cara yang langsung. Untuk cara yang tidak langsung ini dengan membuat bibit tersebut tumbuh terlebih dahulu baru kita tanam lagi ditempat lahan khusus itu dengan rapi. Untuk cara langsung ini sangatlah mudah, tinggal sebar saja bibitnya di lahan budidaya lalu tutup dengan tanah tipis tipis.

Untuk melakukan perawatan sendiri bisa dilakukan pengecekan setiap hari. Ya, sempatkan beberapa menit untuk melihat bayam bayam ini, agar jika ada tanda tanda hama kita bisa melakukan pencegahan dengan menyemprotkan insektisida kepada tanaman bayam.

Melakukan pemanenan. Untuk melakukan pemanenan ini biasanya bayam sudah berumur 4 mingguan atau setidaknya sebulan. Atau bisa juga dilihat dari fisik, dengan melihat tinggi dari bayam, jika sudah mencapai 20cm maka bisa dipanen. Cara memanennya pun dengan dicabut sampai akarnya karena nama teknik ini sendiri adalah budidaya tanaman bayam cabut.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Budidaya Tanaman Bayam Merah Organik Dengan Teknik Cabut"