Cara Budidaya, Menanam dan Mengolah Lidah Buaya

No comment 2416 views

Bagaimana sih budidaya lidah buaya itu ? cara menanam lidah buaya itu kayak bagaimana ya ? lalu cara mengolah lidah buaya nya itu seperti apa ? nah, pertanyaan – pertanyaan seperti itu lah nanti yang akan kita bahas. Kita mungkin sudah mengenal baik apa itu lidah buaya. Karena tanaman lidah buaya ini memang sudah sangat sering kita temui di kehidupan sehari – hari. Karena lidah buaya ini merupakan salah satu tanaman hias sehingga hampir di tiap rumah terdapat tanaman ini, karena fungsinya sendiri bukan hanya sebagai hiasan saja tetapi bisa untuk melakukan perawatan kecantikan dan juga untuk kesehatan.

Lidah buaya, merupakan tanaman yang bisa dijadikan berbagai produk mulai dari produk kecantikan, kesehatan dan pengobatan, dan juga bisa jadi produk kuliner. Seperti sebelumnya, lidah buaya ini bisa digunakan untuk kecantikan, karena lidah buaya ini bisa untuk menyegarkan kulit tubuh maupun wajah kita, lalu bisa untuk menghilangkan jerawat pada wajah juga. Kalau untuk kesehatan, lidah buaya sudah banyak dijadikan sebagai obat dengan mengambil ekstrak dari lidah buaya ini. untuk kuliner, biasanya lidah buaya ini dijadikan sebagai nata de coco, jadi bukan hanya kelapa saja yah yang bisa dijadikan nata de coco. Tanaman lidah buaya juga bisa loh.

Cara Budidaya, Menanam dan Mengolah Lidah Buaya

Budidaya Dan Cara Menanam Lidah Buaya

Nah, untuk yang pertama ini kita akan melakukan budidaya lidah buaya melalui polybag agar lebih mudah di pindah kan tempat. Kenapa sih orang – orang sekarang sangat ingin melakukan budidaya lidah buaya ini ? kenapa ya ? ya karena lidah buaya ini memiliki prospek yang cerah. Contohnya seperti diatas sudah diuraikan bahwa lidah buaya bisa dijadikan berbagai produk dan mengobati berbagai penyakit seperti penyakit maag, untuk mengatasi luka bakar di tubuh, menghilangkan ketombe, dan bisa untuk menyembuhkan herpes dan masih banyak lagi dari manfaat lidah buaya ini.

Maka wajar saja jika banyak yang melirik usaha untuk menanam lidah buaya ini, nah berikut cara menanam lidah buaya dalam polybag :

  1. Siapkan Polybag

Hal yang pertama tentunya kita harus menyiapkan polybag yang tepat untuk lidah buaya. Untuk ukuran polybag ini sebaiknya sesuaikan dengan ukuran dari lidah buaya, jangan terlalu kecil maupun terlalu besar. jika terlalu kecil tentunya pertumbuhan dari lidah buaya akan terganggu, jika terlalu besar ini tidak akan efisien, karena nantinya lidah buaya tidak bisa menyerap kesuluruhan air yang ada di dalam polybag tersebut, pilihlah yang sesuai dengan lidah buaya, kalau lidah buaya sudah besar, baru diganti kedalam polybag yang lebih besar. Hal seperti ini lah yang bagus untuk pertumbuhan lidah buaya.

  1. Media Tanam

Untuk media tanamnya sendiri, gunakan tanah yang subur yang kaya akan unsure hara. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang bagus, biasanya saat memberikan media tanam ini dilakukan pencampuran antara tanah dengan pupuk kompos. Biasanya ditambahkan juga pasir. Lalu masukkan kedalam polybag yang sudah disiapkan.

  1. Cara Menanam

Untuk cara menanam lidah buaya ini seperti menanam tanaman yang lainnya, sehingga termasuk dalam kategori yang tidak sulit. Untuk menanamnya perhatikan posisi dalam menanam lidah buaya ini, usahakan jangan sampai terlalu dangkal maupun terlalu dalam, karena nantinya akan membuat lidah buaya ini busuk dan roboh. Untuk penanamannya gunakan anakan dari lidah buaya yang berukuran kecil.

  1. Pemupukan

Untuk pemupukan biasanya dilakukan selama 2 minggu sekali. Untuk pupuknya ini bisa menggunakan pupuk organik atau kompos maupun pupuk NPK. Tetapi jika sudah besar biasanya jarang memberikan pupuk mungkin untuk menghemat biaya.

  1. Penyiraman

Untuk penyiramannya sendiri usahakan jangan terlalu sering untuk menyiramnya, karena jika terlalu sering menyirami lidah buaya maka akan mengakibatkan daun pada lidah buaya cepat membusuk. Tentunya ini adalah kerugian yang tidak ingin kita inginkan bukan.  Karena lidah buaya sendiri sebenarnya menyimpan banyak air sehingga anda tidak perlu untuk sering – sering menyiraminya.

  1. Penempatan

Penempatan yang baik untuk tanaman lidah buaya adalah di tempat yang teduh dan terkena cahaya matahari secara langsung. Ini merupakan tempat yang bisa membuat pertumbuhan lidah buaya menjadi maksimal.

  1. Pemanenan

Untuk pemanenan biasanya dilakukan setelah lidah buaya berumur 6 bulan setelah pertama kali tanam. Untuk panennya sendiri pasti sudah tahu kan? Dengan memetik daun yang bagian paling luar.

Cara Mengolah Lidah Buaya

Nah, cara mengolah lidah buaya ini merupakan kelanjutan dari langkah memanen, kalau kita memanen kan pastinya ada dua pilihan, hasil panen tersebut kita jual atau kita gunakan sendiri. Tentunya kita akan mengambil sedikit untuk digunakan sendiri jika kita memang bisa mengolah lidah buaya menjadi sesuatu yang menarik untuk lidah kita.

Sebenarnya lidah buaya ini bisa dijadikan berbagai macam makanan kuliner, tetapi sebelumnya kita harus membuat lidah buaya ini kehilangan bau dan lendirnya dahulu, karena jujur saja rasa asli dari lidah buaya ini getir dan rada berbau gitu. Nah, berikut cara membuat lidah buaya agar memiliki rasa yang tepat untuk dimasak menjadi makanan kuliner yang lain.

  1. Pertama – tama tentunya kita cuci dulu lidah buaya, lalu kupas kulit nya sehingga kita hanya mendapatkan daging nya yang berlendir.
  2. Nah, lalu bersihnya daging lidah buaya ini dengan air bersih yang mengalir, contohnya langsung bersihkan dari keran hingga lendirnya hilang. Lalu potong – potong menjadi bentuk kotak ataupun menyerupai dadu.
  3. Setelah mendapatkan daging yang berbentuk dadu, kita rendam daging tersebut kedalam larutan air garam selama kurang lebih 20 menitan. Lalu tiriskan, jika memang kurang bersih, lakukan langkah ini berulang – ulang hingga kita mendapatkan daging lidah buaya yang bersih.
  4. Setelah daging lidah buaya bersih dari lendir dan juga bau, maka kita rebus daging tersebut kedalam air yang sudah diberikan daun pandan agar menambah rasa nikmat pada daging lidah buaya. Tunggu hingga 15 menit lalu ambil.

Nah, setelah melakukan 4 langkah diatas, daging lidah buaya sudah siap digunakan untuk membuat berbagai macam masakan kuliner. Kali ini saya akan contohkan untuk membuat jus lidah buaya. Langkah pertama siapkan bahan bahannya :

  1. Daging lidah buaya
  2. Es batu
  3. Madu sebanyak 3 sendok makan
  4. Air Perasan jeruk lemon sebanyak 1 sendok teh
  5. Untuk menambahkan rasanya, tambahkan buah lainnya seperti anggur, apel, jeruk atau buah buahan lainnya.

Nah cara membuat jus lidah buaya ini tinggal masukkan daging lidah buaya tadi secukupnya ke dalam blender, tentunya masukkan bahan – bahan yang lainnya seperti es batu, madu, air perasan jeruk, dan buah tambahan. Blender bahan – bahan tersebut hingga terlumat sempurna. Nah, tinggal tuangkan hasil blenderan tadi kedalam gelas, jus lidah buaya sudah jadi, dan siap untuk disantap.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai budidaya, cara menanam lidah buaya dan juga cara mengolah lidah buaya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit
  2. Lidah Buaya Untuk Jerawat
  3. Klasifikasi Lidah Buaya
  4. Macam - Macam Tanaman Herbal
  5. Klasifikasi Buah Apel
  6. Manfaat Tanaman Herbal
  7. Fungsi Tanaman Hias
Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Budidaya, Menanam dan Mengolah Lidah Buaya"