Cara Bercocok Tanam Semangka Inul Yang Baik Dan Benar

Cara Bercocok Tanam Semangka Inul Yang Baik Dan Benar. Bercocok tanam semangka yang baik akan mendukung hasil dari panen yang kan didapatkan nantinya. Semangka merupakan salah satu jenis buah yang bisa ditanam di dataran rendah. Buah ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki kadar air yang sangat tinggi.

Rasanya yang manis dan kandungan air yang tinggi itulah membuat semangka ini jadi terkenal.  Salah satu semangka yang paling terkenal yaitu semangka inul. Semangka ini memilikin ciri khas pada bentuk buahnya yang lonjong dan kulitnya berwarna hijau kelam.

Nah untuk cara tanam semangKa inul idealnya dilaukan pada ketinggian 100-300 mdpl. Karena pada ketinggian tersebut kebutuhan air dapat tepenuhi denagn baik karena adanya sumber air yang lancar. Untuk menanam semangka tidaklah sembarangan seperti hanya menanam bijinya saja tanpa tahu bibit seamngka mana yang baik. Ada beberapa hal yan perlu kita perhatikan sebelum bercocok tanam semangka.

 

cara-bercocok-tanam-semangka-inul-yang-baik-dan-benar

Berikut adalah cara tanama semangka yang baik dan benar:

  1. Penentuan Lahan

Pemilihian lahan adalah hal utama untuk cara tanam semangka. Untuk tanaman semangka dapat tumbuh baik didataran rendah maupun tinggi. Pilih alhan yang mengandung unsur hara yang kaya akan nutrisi untuk tanaman semangka nantinya.

Ph tanah sekitar 5 sampai 7. Jika terlalu asam, anda bisa melakukan pengkapuran untuk menetralkan kadar asam tanah. Selanjutnya yaitu cangkul tanah ataupun bajak lahan agar tanah menjadi gembur sekaligus untuk membersihkan tanah dari gulam dan rumput liar. Setelah gembur, kemudian ukur lebar 200cm dan tinggi 400 cm sesuaikan denagn kondisi lahan kita. Buat juga jarak antar bendengan untuk drainase lahan.

 

  1. Pembibitan Semangka

Cara tanam semangka yang berikutnya yaitu pembibitsn. Untuk itu cari bibit tanaman semangka inul yang baik danberkualitas, setelah itu, semaikan di dalam polybag dengan media tanam campuran tanah dan pupuk kendang yang sudah matang. Ini berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan bibit. Pindahkan polybag-polybag ini ketempat yang terkena sinaar matahari penuh, kemudian siram bibit yang sedang disemai ini setiap pagi dan sore. Setelah tumbuh tunas daun kurang lebih sekitar 2-3 helai daun, pindahkan bibit semai kedalam media tanam setelah 4 minggu dari awal biji ditanam di dalam polybag.

 

  1. Penanaman Semangka

Setelah bibit siap ditanam, maka pindahkan bibit kedalam lahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Namun sebelum dipindahkan, lubang tanam pada lahan sebaiknya diberi air dahulu hingga meresap ke dalam tanah, hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah. Selanjutnya pindahkan bibit semangka kedalam lubang tanam dan tutup kembali dengan tanah tipis hingga ujung pangkal bibit semangka.

 

  1. Pemeliharaan dan Perawatan Semangka

Cara tanam semangka tidak pula lepas dari hal perawatan dan pemeliharaan semangka agar hasil panen nantinya sesuai dengan harpan kita. Perawatn yang bisa dilakukan yaitu melakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore. Hal ini berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah dan membuat tanaman semangka tidak layu dan tumbuh kerdil.

Proses penyiangan juga perlu dilakukan untuk membersihkan lahan dari rumput liar dan gulma pada lahan tanam, karena mereka akan meresap kandungan unsur hara yang seharusnya diserap oleh tanaman semangka.

 

  1. Panen

Setiap oetani memiliki kriteria panen yang berbeda-beda setiap wilayah. Ciri-ciri buah semangka yang siap panen adalah buahnya cukup besar dan daun buah mulai agak layu, serta buah semangka yang berbunyi berat jika ditepuk-tepuk menggunakan tangan.

Panen merupakan tahapan akhir dalam cara bercocok tanam, makanya lakukan pemanenan setiap pagi. Caranya yaitu dengan potong pangkal buah menggunakan alat potong, sisakan tangkai kurang lebih 2-3 cm pada pangkal buah. Kemudian letakkan semangka dalam tempat yang sejuk dan tidak ditumpuk-tumpuk.

 

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Bercocok Tanam Semangka Inul Yang Baik Dan Benar"