Bunga Melati Putih Serta Cara Budidaya Melati

No comment 5758 views

bunga melati merupakan tanaman hias yang biasa tumbuh di semak-semak atau perdu yang merambat terdiri dari berbagai jenis,  lebih dari 200 spesies tumbuhan asli yang beriklim tropis dan hangat, sekarang banyak ditemui di perumahan sebagai tanaman hias karena aroma harum dan warna bunga yang cantik, di Indonesia bunga melati ini dijadikan simbol kebangsaan yaitu dari jenis melati putih karena bunga melati memiliki lambang kesucian dan juga mempunyai keharuman serta kemurnian, diberbagai daerah bunga melati juga dijadikan sebagai tradisi banyak suku bangsa terutama di suku jawa sebagai upacara perkawinan.

Dari jenis bunga melati yang banyak diminati adalah dari jenis melati putih, bunga melati putih merupakan bunga yang banyak di tanam untuk di jadikan tanaman hias maupun untuk ritual dari berbagai suku sebagai upacara adat maupun yang lain. Bunga melati putih dalam perawatan cukup mudah seperti tanaman hias lainnya,  dengan perlu kesabaran dan juga ketekunan dalam merawat maka tanaman ini akan tumbuh bagus.

Bunga Melati Putih Serta Cara Budidaya Melati

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai bunga melati dan sekarang akan dijelaskan bagaimana cara budidaya melati. untuk anda yang belum tahu betul mengenai budidaya bunga melati sebaiknya perlu untuk mengetahui informasi dibawah ini.

Pertama pembibitan

Siapkan stek dari bunga melati lalu tancapkan stek pada medium semai sekitar 10-15 cm atau sepertiga dari panjang stek, lakukan penyiraman 1-2 kali usahakan sinar matahari dapat langsung mengenai bibit stek, setelah beberapa minggu akar stek akan tumbuh lalu pindahkan ke dalam wadah atau polybag yang berisi campuran tanah, pasir dan pupuk organik, jangan lupa selalu memelihara bibit stek melati seperti penyiraman, pemupukan serta penyemprotan dari berbagi hama yang dapat mengganggu pertumbuhan bibit melati sehingga bibit bisa tumbuh berumur 3 bulan.

Pengolahan media tanam

Yang harus dilakukan setelah pembibitan adalah dengan menyiapakan lahan atau kebun yang penting lahan cukup sebagai tempat untuk pertumbuhan bunga melati , terus bersihkan lahan atau kebun dari bermacam rumput liar atau dari  batu-batuan maupun kerikil kecil, setelah itu cangkul kira- kira sedalam 30-40 cm sehingga tanah menjadi gembur kemudian taburkan pupuk kandang diatas permukaan tanah dan dicampur merata biarkan hingga 15 hari, lahan hatrus disiapakan setidaknya sebelum hujan kurang lebih 1-2 bulan saat musim kemarau.

Penanaman

Lahan atau kebun yang sudah siap maka bibit bunga melati siap ditanam, bibit melati yang sudah siap tanam harus di adaptasikan terlebih dahulu dieskitar lahan/kebun hal ini dilakukan agar bibit bisa menyesuaikan suhu yang ada disekitar lahan, jika sudah siap bibit melati bisa langsung ditanam kedalam lubang tanam yang telah dibuat tanah dekat pangkal melati di padatkan agar akar-akarnya kuat dan dan mampu menyerap air yang berada didalam tanah, beri jarak antara  satu tanaman melati dengan yang lain supaya bibit melati tidak tergaganggu pertumbuhannya dengan bbit melati lain yang berdekatan sehingga akan tumbuh dengan baik.

Pemeliharaan tanaman

Dalam beberapa bulan pertumbuhan bibit melati ada yang tidak sesuai dengan pertumbuhan misalnya ada yang mati maka perlu penyulaman bibit yang mati di ganti dengan bibit baru hal ini dimaksudkan agar dalam pemeliharaan selanjutnya tanaman bisa seragam dalam pertumbuhannya, waktu yang baik dalam penyulaman adalah disaat terik matahari tidak menyengat seperti waktu pagi atau sore, pembersihan dari rumput liar juga perlu dilakukan bisa sebulan sekali atau saat ada rumput liar yang tumbuh yang bisa mengganggu pertumbuhan melati karena rumput liar bisa menjadi pesaing dalam pemenuhan kebutuhan air, dan unsur hara. Penyiraman juga harus dilakukan setiap harinya pada pagi dan sore hari, pemupukan bisa dilakukan 3 bulan sekali.

Pemangkasan

Melati yang sudah tumbuh baik juga akan mengalami kekeringan atau ada cabang yang tidak produktif maka perlu dilakukan pemangkasan biar perkembangan tanaman melati bisa baik dan seperti yang di inginkan.

Bagaimana ? apakah informasi seputar Bunga Melati Putih sudah bisa anda mengerti ? karena memang dalam melakukan budidaya bunga melati putih ini diperlukan konsistensi yang tinggi sehingga apapun alasannya saran saya agar tidak menyerah ditengah jalan.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Bunga Melati Putih Serta Cara Budidaya Melati"