Bagian-Bagian Bunga Melati Beserta Fungsinya

No comment 1940 views

Bagian-Bagian Bunga Melati Beserta Fungsinya. Bunga Melati adalah bunga yang sangat populer di seluruh dunia terutama di daerah tropis karena aromanya yang unik. Melati merupakan tanaman asli daerah tropis dan hangat. Pada sebagian besar jenis bunga melati bunganya berwarna putih dan yang lainnya ada yang berwana kuning.

Bunga merupakan organ pada tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai tempat perkembangbiakan generatif tumbuhan. Bunga melati termasuk salah satu jenis bunga yang banyak disukai oleh kaum hawa. Warnanya yang cantik dan beraneka ragam inilah yang menambah keindahan serta lambang dari keromantisan. Untuk lebih mengenal tentang bunga ini, mari kita pelajari tentang bagian-bagian bunga melati. Karena bunga melati memiliki bagian-bagian tersendiri dan juga fungsi yang berbeda-beda

Kali ini, saya akan menjelaskan tentang bagian-bagian bunga melati beserta fungsinya. Berikut penjelasannya!

 

bagian-bagian-bunga-melati-beserta-fungsinya1

Bagian-bagian bunga melati:

Tangkai Bunga

bagian ini merupakan bagian awal dari sebuah bunga yang memiliki Bahasa latin Rachis pedunculus. tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung anatara tangkai dan juga ranting.

Mahkota Bunga

Mahkota bunga atau yang bisa disebut dengan corolla. Mahkota bunga merupakan salah satu dari bagian bunga yang memiliki varian warna yang menarik dan seringkali direpresentasikan sebagai bunga melati itu sendiri. Mahkota bunga juga disebut sebagai perhiasan bunga.sehingga hal ini digunakan sebagai pemikat-pemikat serangga untuk proses penyerbukan. Bagian ini memilki susunan dan juga bentuk yang berbeda pada setiap bunga, dan sering juga dijadikan indikator utama dari keindahan dan kecantikan dari sebuah bunga

Dasar Bunga

nama lain dasar bunga yairu receptacle yang berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga dan merupakan bagian ujung dari tangkai bunga.

Daun Mahkota (Petal)

bagian bunga melati satu ini merupakan perhiasan bunga yang memiliki warna yang mencolok, berkelompok, yang membentuk corolla (mahkota bunga).

Daun Buah

daun buah atau petal ini merupakan bagian yang membentuk putikbung. ini merupakan bagian fertil berupa ovalum yang berkelompok.

Daun Pelindung (Brachtea)

bagian ini berbeda dengan kelopak bunga, karena brachtea merupakan daun terakhir yang menjadi tempat tumbuhnya bunga.

Kelopak Bunga

kelopak bunga merupakan bagian bunga yang berbentuk seperti daun dan mempunyai nama lain sepal. bagian ini berfungsi untuk melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup.

Benang Sari (Stemen)

bagian ini sering disebut dengan alat kelamin jantan sebuah bunga yang berfungsi untuk membantu proses reproduksi dan perkembangbiakan yang nantinya dapat menumbuhkan tanam baru. stemen terdiir dari benang sari, serbuk sari dan kepala sari.

 

 

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Bagian-Bagian Bunga Melati Beserta Fungsinya"