Apa Sih Ciri – Ciri Bunga Melati ?

No comment 12259 views

Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu jelas mengenai ciri ciri bunga melati. Ya, karena memang jika orang yang belum pernah melihat bunga melati pasti akan meraba – raba mengenai yang mana sih bunga melati itu. Maka dari itulah diperlukan pengetahuan mengenai ciri ciri melati ini.

Kalau masalah ciri ciri ini kita harus melihat nya secara fisik, dilihat dari bunganya, daunnya, batangnya dan akarnya kalau perlu. Kalau untuk bentuk daunnya ini berbentuk majemuk atau pinnatus dan juga menyirip. Kalau masalah tumbuh bunganya ini, umumnya tumbuh di bagian kiri dan kanan tangkai bunga dan biasanya bentuknya mirip dengan sirip ikan.

Ciri - Ciri Bunga Melati

 

Kalau untuk batangnya, batangnya ini merupakan salah satu jenis opposite. Yaitu memiliki dua daun yang saling berhadap hadapan. Karena memiliki ciri khas tersendiri inilah yang membuat tanaman bunga melati dijadikan sebagai tanaman hias. Ya, tanaman ini dijadikan tanaman hias di indonesai, bahkan peran bunga melati di Indonesia sangatlah berarti. Karena di jadikan sebagai symbol nasional.

Ciri – ciri khusus bunga melati

Berikut ciri – ciri  bunga melati :

  1. Bunganya ini mempunyai susunan bunga yang berhadap – hadapan dan juga menyirip.
  2. Kalau untuk daunnya ini berbentuk menyirip dan majemuk. Sudah tahu yang dimaksud dengan majemuk ? majemuk itu berarti punya anakan daun. Nah anakan daun ini biasanya terdapat di kiri maupun kanan dari ibu daun.
  3. Bunga melati ini mempunyai aroma yang harum dan wangi sehingga bisa digunakan sebagai terapi dibidang kesehatan. Sudah banyak yang menerapkan hal ini.
  4. Menurut jenis batang dari bunga melati ini, batangnya ini dimasukkan kedalam jenis semak.
  5. Daun nya hanya memiliki helaian dan tangkai saja yang membentuk oval. Seperti pada umumnya, ujung daun ini meruncing kalau pangkalnya ini berbentuk setengah lingkaran.
  6. Bunga melati ini merupakan jenis bunga majemuk, yang memiliki induk dan anak bunga. Ibu tangkai bunganya ini keluar dari ketiak daun.
  7. Melati ini mempunyai 7 mahkota yang mempunyai banyak lapisan sehingga membuatnya berbentuk datar.
  8. Batang melati ini mempunyai tinggi yang bisa mencapai 5 meter. kalau untuk ciri fisiknya, batangnya ini termasuk memiliki bulu halus dan sifatnya jarang. Jadi bulu – bulunya itu tidak lah terlalu banyak.
  9. Untuk permukaan daun pada bunga melati sama dengan daun permukaan daun jambu biji, yang agak berkerut dan memilik bentuk menyirip. Kalau untuk pinggiran daunnya ini sedikit bergelombang dan juga tidak rata.
  10. Kedudukan daun batang berjenis apposite.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai  Ciri - Ciri Bunga Melati yang perlu anda ketahui, karena hal ini akan berguna jika anda menemukan bunga yang memiliki ciri seperti diatas berarti bunga tersebut adalah bunga melati.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Apa Sih Ciri – Ciri Bunga Melati ?"