Aneka Ragam jenis Buah Mangga

No comment 1083 views

Aneka ragam Jenis Buah Mangga. Mengkonsumsi buah mangga akan memberikan banyak keuntungan buat tubuh kita. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis buah mangga yang memiliki nilai jual yang bagus serta sudah dikenal banyak kalangan karena rasanya yang nikmat. buah mangga sendiri memliki ciri-ciri, bentuk dan warna yang berbeda beda, namun rasanya tetap sama enaknya. Buah yang didasari rasa manis dan asam ini juga dapat menyembuhkan dan mencegah beberapa penyakit.

aneka-ragam-jenis-mangga

Mangga adalah varieties yang memiliki nama latin Mangifera indica. Bersama dengan ini, artikel Jenis Tanaman ingin berbagi informasi tentang jenis-jenis mangga yang ada di Indonesia maupun Mancanegara.

Jenis-jenis buah Mangga:

  1. Mangga Golek.aneka-acragam-jenis-mangga1

Kelezatan dari mangga ini memang sudah dicari para penikmat mangga seperti namanya yaitu “golek” yang bearti cari. Rasanya yang lembut dan renyah ini bisa membuat banyak orang menjadi ketagihan. Mangga ini memiliki ciri-ciri warna kulit yang kuning kehijauan saat masak. Bentuknya yang agak bulat memanjang. Memiliki daging buah yang tebal dan aroma yang harum.

  1. Mangga Arum Manis.

Salah satu jenis buah mangga yang banyak kita jumpai dipasaran saat ini. Mangga ini juga memiliki sebutan sebagai mangga Gadung dibeberapa daerah. Daging buahnya yang tebal dengan warna kekuning-kuningan saat matang serta rasanya nya yang sangat manis ini membuat selera makan kita menjadi bertambah.

  1. Mangga Madu.aneka-acragam-jenis-mangga1

Sekilas bentuknya mirip dengan mangga gadung kecuali kulitnya yang berwarna kuning cerah. Jenis mangga ini memilik rasa yang sangat manis layaknya madu saat sudah matang, sehingga disebut dengan mangga madu.

  1. Mangga Manalagi.aneka-acragam-jenis-mangga1

Mangga ini sering dibilang juga sebagai persilanga antara mangga golek dan mangga gadung. Mangga ini memiliki bentuk yang sepintas mirip dengan mangga golek. Akan tetapi bentuk mangga ini sedikit pendek tetapi lebih gemuk dibandingkan dengan mangga golek. Kulit buah ini berwarna hijau saat masih muda maupun sudah matang. Daging buahnya padat, berserat dan memiliki warna kuning keemasan. Mangga ini termasuk mangga yang tidak akan cepat busuk setelah dipetik.

  1. Mangga Indramayu.aneka-acragam-jenis-mangga1

Mangga indramayu atau yang biasa disebut dengan mangga cengkir indramayu ini termasuk jenis mangga yang sangat terkenal di Indonesia. Kulit tipis dan buah yang tebal serta rasanya yang manis ini membuat mangga ini lebih terkenal dibandingkan dengan mangga yang lainnya.

  1. Mangga Gedong Gincu.aneka-acragam-jenis-mangga1

Mangga yang berasal dari Cirebon ini memiliki warna kulit yang merah kekuningan sehingga terlihat mencolok seperti namanya sehingga tampak cantik. Mangga jenis ini memiliki kulit yang tipis dan mempunyai rasa yang manis dan harum.

  1. Mangga Malgovaaneka-acragam-jenis-mangga1

Mangga ini merupakan salah satu mangga yang ditanam di Indonesia. Bentuknya bulat, sedikit elips layaknya buah apel. Mangga ini memiliki warna kulit buah hijau dan dilapisi semburat warna merah dan dialipisi oleh lilin. Rasa dari mangga ini yaitu asam saat belum matang. Dan sedikit asam jika dipetik saat  sudah masak.

 

Itu tadi adalah beberapa jenis mangga yang sering kita jumpai dipasaran lokal dan sudah ada yang sampai ke mancanegara juga. Dan masih banyak lagi varieties mangga yang ada didunia ini.

Tags:
Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Aneka Ragam jenis Buah Mangga"