7 Tanaman Herbal Apotik Hidup Beserta Manfaatnya

No comment 4844 views

Di dunia ini ada banyak sekali jenis tanaman. Ada tanaman yang fungsinya hanya sebagai hiasan, sering disebut dengan tanaman hias, ada yang tanaman yang hanya diambil buahnya saja disebut tanaman buah, dan ada juga tanaman yang fungsi nya untuk sebagai pengobatan disebut dengan tanaman obat atau tanaman herbal.

Kalau anda hidup di pedesaan pasti sering melihat tanaman herbal ini. karena di pedesaan banyak yang melakukan budidaya tanaman obat atau herbal ini. tanaman herbal ini dilingkungan pedesaan dikenal dengan empon empon atau apotik hidup.

Beberapa Contoh tanaman herbal dan manfaatnya

  1. Belimbing Wuluh

manfaat tanaman herbal, contohnya belimbing wuluh

Siapa sih yang tidak tahu buah belimbing ini ? ya, mungkin ada dari kita yang tidak tahu jenis belimbing satu ini. belimbing wuluh adalah salah satu jenis belimbing tetapi ukurannya sangat kecil berbeda sekali dari belimbing yang lain. Belimbing wuluh sendiri biasa digunakan untuk bahan penyedap masakan dan tentunya digunakan juga untuk sebagai pengobatan.

Manfaat dari belimbing wuluh ini antara lain adalah dapat sebagai obat gondongan, obat sakit gigi, dapat menyembuhkan gusi yang berdarah, obat penghilang panu, obat sariawan, obat pegel linu dan juga bisa untuk mengobati rematik.

  1. Daun Cingcau

tanaman herbal dan manfaatnya, daun cingcau

Tanaman cingcau ini biasa digunakan untuk sebagai penyedap di minuman. Walaupun cingcau sendiri mempunyai rasa yang hambar, tetapi dapat menyedapkan rasa minuman. Nah, kalau daunnya gimana ? daun cingcau ini biasa digunakan untuk pengobatan.

Manfaat tanaman herbal daun cingcau adalah untuk mengobati kolesterol, mengobati sakit perut, demam, kanker ginjal, maag kronis, hipertensi, mengendurkan otot, antiradang, vertigo, dan juga bisa mengobati tumor ganas.

  1. Daun Dewa

salah satu tanaman herbal adalah Daun Dewa

Manfaat dari daun dewa adalah untuk menghentikan pendarahan, obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anti radang, sebagai pembersih racun dalam tubuh, obat analgesic, untuk melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar, dan juga bisa mengobati kencing manis atau diabetes mellitus.

  1. Temu Lawak

gambar temulawak tanaman toga

Temulawak merupakan salah satu rempah rempah yang asli dari Indonesia. Ya tanaman ini asli dari Indonesia, maka dari itu, banyak produk yang menjadikan temu lawak sebagai bahan utama. Contohnya saja di Indonesia banyak produk obat masuk angin menggunakan temu lawa juga untuk bahan utamanya. Dan masih banyak lagi.

Manfaat tanaman herbal temulawak adalah menurunkan kadar kolesterol, anti hepototoksik atau anti keracunan empedu, anti inflamasi atau anti radang, diuretic atau peluruh kencing, hepatoprotektor atau mencegah penyakit hati, menghilangkan nyeri sendi, dan laxative atau pencahar.

  1. Sambiloto

manfaat tanaman herbal daun sambiloto

Daun sambiloto ini merupakan tanama herbal yang bagus dalam penurunan kadar gula darah. Karena sudah ada percobaan dari farmakologi yang menunjukkan bahwa hasil dari air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 mili liter per kilogram sebanding dengan suspense glibenclamid untuk menurunkan kadar gula darah.

Manfaat sambiloto antara lain memperlancar air seni, mencegah pembentukan radang, obat kencing manis, obat untuk menurunkan tekanan darah. Dan dapat juga menurunkan panas badan.

  1. Kumis Kucing

Manfaat Kumis Kucing Tanaman Herbal

Manfaatnya adalah untuk obat reumatik, encok, untuk menurunkan glukosa darah,obat batu ginjal,radang ginjal, obat masuk angin dan sembelit.

  1. Daun Jarak

Manfaat Dan Khasiat Daun Jarak

Tanaman herbal dan manfaatnya yang terakhir adalah daun jarak. manfaatnya adalah untuk mengatasi bengkat akibat terpukul, rematik, dan juga obat terkilir, untuk obat koreng, luka berdarah, untuk mengatasi perut kembung pada anak – anak.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "7 Tanaman Herbal Apotik Hidup Beserta Manfaatnya"