5 Jenis Tumbuhan Karnivora Langka Terganas di Dunia

No comment 3557 views

www.jenistanaman.com, Ada jenis tumbuhan karnivora di dunia ini, mungkin ada yang belum tahu betul mengenai tanaman karnivora ini. ya, Tuhan menciptakan dunia ini sangat sempurna dengan dipadukan hewan dan tumbuhan. Di kelompok hewan terdapat namanya herbivore, karnivora, dan juga omnivore. Ya itu adalah sebutan rantai makanan untuk hewan, lalu bagaimana dengan tumbuhan ?

ya, kalau tumbuhan kita tidak bisa mengatakan hal seperti itu. Karena tumbuhan hanya membutuhkan air, sinar matahari dan karbondioksida untuk tumbuh dan berkembang. Tetapi, walaupun begitu, didunia ini ada tumbuhan yang ternyata memangsa makhluk hidup lain. Nah, tumbuhan inilah yang disebut dengan tumbuhan karnivora.

Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Penjuru Dunia

  1. Venus

Venus Jenis Tumbuhan Karnivora Langka Terganas di Dunia

Venus atau Dionaea Muscicapula adalah tanaman karnivora yang menangkap dan memakan lalat. Venus ini menangkap serangga yang merupakan mangsa utamanya, jika hinggap di sepanjang rambut kecil dipermukaan mereka. Ketika ada serangga yang sudah berada di dalam perangkap, langsung otomatis perangkap ini akan menutup untuk memakan serangga tersebut.

  1. Pitcher Plants

Pithcer plants tanaman karnivora

Pithcer plants atau Nepenthes ini merupakan tanaman langka di dunia. Karena keberadaan tanaman ini memang sudah sangat jarang dijumpai. Tanaman karnivora satu ini mungkin disebut dengan tanaman karnivora dengan perangkap yang paling spektakuler. Karena perangkapnya ini seperti kantung dan didalmnya berisi cairan untuk menarik para serangga. Tanaman ini memiliki 130 spesies itu juga belum termasuk yang buatan. Jika ingin melihat tanaman karnivora satu ini bisa dijumpai di Madagaskar, dan Asia Tenggara.

  1. Tanaman Cobra

tumbuhan karnivora California pitcher plant

Tanaman cobra atau sering disebut dengan California pitcher plant. Ya, tanaman karnivora satu ini berasal dari California utara. Karena itulah namanya California pitcher plant (Darlingtonia). Tumbuhan ini ditemukan pertamakali pada tahun 1981 oleh William D. Brackenridge. Tanaman satu ini hidupnya di rawa rawa dengan air yang mengalir. Dinamakan tanaman cobra juga dikarenakan bentuknya yang mirip dengan ular kobra. Tanaman ini sama seperti yang lainnya tanaman kendi, tetapi daun tanaman kobra ini tidak menghasilkan cairan apapun berbeda dengan tumbuhan karnivora yang lain.

  1. North American Pitcher Plants Atau Sarracenia

North American Pitcher Plants Atau Sarracenia tanaman karnivora

Sarracenia merupakan tanaman karnivora yang berasal dari Texas, pesisir timur amerika. Sebagian besar tanaman jenis ini berada di selatan bagian timur amerika serikat. Disebut dengan pitcher terompet. Daun tanaman sarracenia ini telah berevolusi sehingga memudahkan dalam menangkap mangsa. Bentuk daunnnya yang seperti corong dan mengeluarkan nectar di bibir pitcher sehingga membuat banyak serangga yang akan hinggap di tanaman ini.  tanaman ini memiliki cara tersendiri dalam mencerna mangsanya yaitu dengan enzim protease dan juga enzim lainnya.

  1. Aldrovanda

Tanaman karnivora aldrovanda  langka didunia

Tanaman karnivora langka yang selanjutnya adalah aldrovanda atau disebut Waterwheel plant. Sesuai namanya, tanaman karnivora satu ini hanya memangsa serangga yang hidup di perairan, jika ada serangga yang bergerak dekat dengan tanaman ini, maka rambut rambut halus di daun aldrovanda akan langsung merespon dan memerangkap serangga tersebut. Tanaman aldrovanda hanya bisa dijumpai di daerah tropis Asia – Afrika Dan juga Australia Utara.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "5 Jenis Tumbuhan Karnivora Langka Terganas di Dunia"