10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

No comment 354 views

Manfaat Lidah Buaya - Lidah buaya atau nama latinnya disebut Aloe vera merupakan tanaman yang tumbuh di iklim tropis dengan bentuk yang hampir menyerupai kaktus. Tanaman telah banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki berbagai manfaat dan khasiatnya. Salah satu manfaat lidah buaya yaitu untuk mengobati masalah wajah yaitu muka.

Bagian gel dari tanaman ini yang paling sering digunakan untuk urusan pengobatan. Kita dapat menemukan gel di bagian dalam dari daging daun lidah buaya, sedangkan kandungan lateks bisa kamu temukan di bawah kulit lidah buaya tersebut dengan warna kekuningan.

Lidah buaya juga telah lama dipakai untuk menyuburkan rambut, pemulih luka, serta untuk perawatan kulit.B erkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memaksa seseorang untuk terus adu ide membuat terobosan hal baru. Tahukah Kita jikalau lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman yang paling terlaris di dunia?  Yaps, ini semua karena manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang cukup banyak.

 

manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan

 

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

 

  1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Dalam setiap hari tubuh kita akan selalu beraktifitas, banyak tenaga yang akan dikerahkan, otak  akan terus dipakai untuk berpikir, dan tentunya rasa lelah fisik serta batin tak kan terelakkan lagi. Untuk mengatasi masalah tersebut Kita bisa membiasakan untuk minum jus lidah buaya . Karena Di dalam aloe vera terkandung berbagai jenis vitamin seperti A, B1, B2, B6, B12, C, E, dan asam folat yang siap menutrisi tubuh kamu.

 

  1. Menghaluskan Rambut

Dengan memanfaatkan lendir pada lidah buaya,  Rambut yang kering karena kekurangan vitamin dapat diatasi. Saat melakukan perawatan rambut ini, pastikan gel mengenai kulit kepala secara menyeluruh. Sehingga  rambut akan lebih halus dan tidak gampang kering.

  1. Mendetoksifikasi Racun

Racun yang bersarang dalam tubuh secara perlahan bisa merusak  fungsi organ vital. Untuk itu perlu langkah tepat agar racun keluar dari tubuh. Lidah buaya siap membantu mengusir racun dari dalam tubuh, caranya yaitu meminum jus dari gel lidah buaya setiap harinya.Kandungan antioksidan pada tanaman ini dapat menangkal radikal bebas sekaligus mencegah penuaan dini.

 

  1. Mengurangi Rasa Gatal di Kulit

Kulit gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal, contohnya terkena gigitan nyamuk, terkena alerg oleh sesatu dan itu akan membuat kita rajin menggaruk bagian kulit yang gatal. Jika hal tersebut terus-terusan lakukan, maka bakteri penyebab rasa gatal yang timbul akan berkembang biak. Oleh karena itu gunakan lendir pada lidah buaya untuk mengoles permukaan kulit yang mengalami gatal-gatal. cara ini bisa Kita lakukan cukup dua kali dalam sehari.

 

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Luka yang masih baru harus cepat-cepat ditangani, agar tidak meninggalkan bekas nantinya.  langkah awal bisa kita lakukan yaitu dengan menetesinya dengan obat merah. Atau cobalah menggunakan gel lidah buaya pada luka yang telah dibersikan. Hal ini akan memberikan kesejukan pada bagian tersebut, selain itu rasa perih akan hilang secara berangsur.

 

  1. Mengatasi  Jerawat

Kecil dan menyusahkan, itulah jerawat. Jika wajah kamu berjerawat membandel akan kerepotan cari jalan keluarmaka kamu bisa mencoba memakai lidah buaya, caranya belah lidah buaya menjadi dua bagian, lalu ambil bagian dagingnya dan oleskan ke bagian yang berjerawat, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hal yang maksimal.

  1. Menghilangkan panu di wajah

Selain sebagai agen anti bakteri yang bisa memutihkan wajah, gel lidah buaya juga memiliki manfaat sebagai  agen anti jamur yaitu salah satu kandungan dalam lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur yang sering muncul sebagai panu di kulit. Caranya yaitu Oleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terkena panu dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Ulangi langkah ini 2x sehari hingga panu di kulit kita lenyap.

 

  1. Menurunkan berat badan

Selain beberapa manfaat, manfaat tanaman lidah buaya yang lain yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Karena kandungan  serat yang tinggi pada lidah buaya dapat mrlancarkan pencernaan sehingga proses penyerapan nutrisi berjalan lancar sehingga bisa mencegah adanya penimbuann lemak.

  1. Menurunkan kadar Kolesterol

Dalam suatu penelitian membuktikan jika lidah buaya memiliki manfaat yaitu bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekitar 15-25%. Kolesterol yang ada dalam darh mampu diikat dan segera diproses untuk dikeluarkan oleh asam amino yang ada pada lidah buaya.

  1. Membantu menghilangkan plak pada gigi

Jus lidah buaya mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada rongga mulut loh, selain itu dia juga memiliki lektifitas yang bisa menghilangkan plak gigi sekaligus memutihkan gigi kamu yang kurang putih.

 

Demikian manfaat lidah buaya untuk kesehatan, yang sebelumnya meungkin belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat 😀

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan"